Website Disclaimer by SEQ Legal LLP is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 UK: England & Wales License. Based on a work at www.freenetlaw.com. You must retain the credit in all versions and derivatives of the free website disclaimer. If you want to use this template without a credit, you can obtain a license to do so here: Freenetlaw.com license, 2015

Published & maintained by SeputarEvent

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • YouTube Social  Icon
  • Instagram Social Icon
Visitor Counter:

5 Langkah Memulai Bisnis Food Truck Jakarta

August 4, 2016

Didukung oleh social media dan minat masyarakat akan kuliner yang inovatif, Food Truck atau Mobil Bisnis telah berkembang selama beberapa tahun terakhir. Banyak pebisnis kuliner konvensional berevolusi menjadi restoran diatas kendaraan yang sangat menarik. Mereka berpergian dari lokasi ke lokasi lain sepanjang hari untuk memperkenalkan makanan mereka yang unik dan enak.

 

Berkat budaya Foodie yang tumbuh dan popularitas food bazaar di berbagai tempat, Food Truck telah menjadi pilihan bisnis yang diinginkan bagi banyak pengusaha kuliner cerdas. Mengapa? Karena meluncurkan bisnis food truck tidak memerlukan bangunan dan tanah yang luas seperti restoran, sehingga biaya investasinya menjadi lebih terjangkau.

 

“Jangan hanya karena Anda bisa memasak, itu berarti Anda bisa mengoperasikan bisnis Food Truck” ujar Ferry Dafira, Sekretaris Jendral OMBI (Organisasi Mobil Bisnis Indonesia), sebuah Asosiasi Food Truck Indonesia. Mengoperasikan bisnis Food Truck tidak hanya dibutuhkan keahlian memasak, akan tetapi juga harus bisa menguasai aspek pemasaran, pembukuan hingga mengelola karyawan. Food Truck sama dengan bisnis lainnya, membutuhkan konsentrasi dan fokus dalam menjalaninya hingga mencapai kesuksesan.

 

Jadi sebelum Anda menempatkan restoran Anda di atas kendaraan, Anda harus terlebih dahulu melakukan perencanaan yang baik dan segera bergabung dengan asosiasi food truck di Indonesia yaitu OMBI (Organisasi Mobil Bisnis Indonesia). Berikut adalah Lima hal yang perlu Anda ketahui dalam menjalankan bisnis Food Truck:

 

 

1. Mengembangkan Merek yang Kuat

Untuk menempatkan Anda diurutan pertama di bisnis apapun, adalah merek yang kuat dan dipercaya oleh pelanggan. Pikirkan lagi selain menu Anda, apalagi yang membedakan Anda dari food truck lain yang sudah ada dan fokuslah disana. Ketika merek Anda disenangi, pelanggan akan keluar rumah dan mencari Food Truck Anda dijalanan. Tanpa merek yang kuat, Food Truck Anda hanya akan seperti penjual makanan lainnya yang konvensional. Dari desain food truck, logo, media sosial, tampilan dan suasana keseluruhannya harus senada sehingga mudah diingat oleh pelanggan.

 

 

2. Perhatikan Hal-hal Kecil

Perhatian kepada hal-hal kecil adalah salah satu kunci keberhasilan dalam menjalankan bisnis Food Truck. Coba pikirkan mengenai hal-hal yang Anda sukai terhadap restoran favorit Anda, pikirkan tentang menunya, plang namanya, seragamnya, susunan tempat duduknya, pelayanannya. Semua hal ini berkontribusi untuk memberikan sebuah pengalaman yang menyenangkan di restoran favorit Anda dan membuat rasa makanannya terasa lebih enak. Bagaimana hal-hal tersebut terlihat dan pengaturan dimana hal tersebut disajikan mempengaruhi bagaimana Anda menanggapi mereka. Restoran terbaik didunia dengan makanan terlezatnya menghabiskan banyak waktu dan uang pada bagaimana restoran terlihat dan bagaimana makanan yang disajikan, prinsip ini juga berlaku pada food truck. Buatlah pengalaman yang menyenangkan dan menarik kepada pelanggan setiap mereka datang ke Food Truck Anda.

 

 

 

3. Menjadi Kaum Media Sosial

 

Media sosial adalah hal yang sangat penting untuk menjalankan bisnis Food Truck yang sukses, karena sekarang pelanggan mencari hal-hal yang menarik melalui media sosial. Jadikan media sosial sebagai media komunikasi yang intensif dengan pelanggan Anda. Konsisten adalah kunci untuk menjalankan strategi media sosial yang sukses. Buat perencanaan yang baik untuk memperbarui konten media sosial Anda setiap hari. Hal yang paling indah dari media sosial adalah GRATIS.

 

 

 

4. Jadilah Unik

Jika Anda ingin food truck Anda digemari dan diikuti oleh pelanggan kemana saja, maka Anda harus memiliki kualitas yang membuat produk makanan dan pengalaman mengunjungi food truck Anda menonjol. Sebuah Food Truck bisa menjadi primadona adalah karena memiliki keunikan dan tahu apa yang pelanggan butuhkan dari sebuah makanan. Tidak hanya enak, harga, pengalaman dan pelayanan juga bisa membuat Food Truck Anda ramai pelanggan. Ketika Anda menemukan sebuah hal yang belum ditemukan oleh orang lain, Anda bisa mengatakan bahwa Anda adalah yang pertama dan satu-satunya di menu Anda. Hal ini bisa menjadi promosi yang menarik untuk membuat pelanggan penasaran untuk mencoba produk Food Truck Anda.

 

 

 

5. Food Truck Anda adalah sebuah restoran, bukan HOBI!

 

Meskipun Food Truck adalah bisnis yang tidak konvensional dan terlihat menyenangkan, ini masih merupakan sebuah bisnis. Penting sekali untuk memperhatikan seluruh aspek pengelolaan seperti mengelola sebuah restoran konvensional. Perhatikan hal-hal kecil seperti mengontrol besaran porsi makanan, menghitung harga pokok penjualan, memilih supplier bahan baku, dan lain-lain. Jagalah dengan ketat pada ketersediaan stok dan keuangan. Banyak pebisnis pemula yang tidak mau memperhatikan hal-hal tersebut sehingga gagal ditengah jalan karena terjadi kebocoran dimana-mana. Seriuslah pada bisnis Anda sehingga bisa membangun basis pelanggan yang kuat dan bertahan ditengah gempuran dunia kuliner yang semakin inovatif.

 

Please reload